Monday, May 30, 2005

Kibougaoka Hoikuen

Lagi pengen cerita sekolah caca nih...kalo di indonesia kita kenal play group ato TK. Di jepun nih ada yg namanya hoikuen dan yochien. Kalo hoikuen biasanya akan menerima dari umur 0 sampe 6tahun kalo yochien biasanya anak2 yg umurnya udah 4tahun keatas. Sekolah caca ada beberapa kelas: Panda-1thnkebawah,Tanpopo-2/3thn,Himawari-3/4thn,Sumire-4/5thn,Sakura-5/6thn,
Bara-6/7thn. Anak2 masuk SD harus berumur 7thn pas dibulan Maret jadi kalo yg masih kurang 1bulan aja harap menunggu di TK dulu makanya ada kelas yg umur6-7thn :p) ga ada perkecualian lho.


Image hosted by Photobucket.com
Cukup menarik lho mengamati cara orang Jepang mendidik anak2nya lewat hoikuen ato yochien ini. Karena caca masuk dari umur 1,5thn maka yang menerima adalah hoikuen dan karena lagi hehe...beberapa pendahulu orang indonesia ato malaysia di Nagaoka yg biasanya muslim memasukan ke Kibougaoka Hoikuen maka waktu kita datang pun disarankan untuk masuk ke sana, alesan paling simple mereka mau agak repot masak yang berbeda untuk anak2 muslim :p)halal food.Eh itu poto kita lagi jemput caca hehe...Kalo anak2 dibawah 3thn masuk hoikuen harus ad alasan khusus entah ibunya kerja ato ibunya mo melahirkan ato ibunya sekolah pokoknya ga bisa nemenin pagi di rumah deh.

Image hosted by Photobucket.com
Ini adalah poto2 di kibougaoka hoikuen...rapi banget deh, kalo pagi datang anak2 harus lepas sepatu dan diletakkan di rak sepatu (gmbr no.2 paling atas) kalo musim dingin ato waktu bermain mereka pake sepatu yg memang untuk di ruangan jgn khawatir sepatu murah kok :p) dan ini seragam. Jangan lupa jaket ato payung diletakkan juga (gmbr. no3 paling atas) semuanya ada nama sendiri2 lho. Nah kelas biasanya diatas lantai 2, tas dikaitkan pada tempat yg udah disediakan (gambar no.1 baris kedua) trus caca juga punya box/loker kecil untuk naruh baju2 ganti kalo kotor(gmbr no.1 baris 3) dan juga baju makan sendiri kaya celemek gitu sih ... rapi deh pokoknya dan bersih :p). Nah di tiap kelas selalu ada tempat untuk cuci tangan karna mereka kan makan siang di sekolah(gmbr no.3 baris kedua) menu makanan udah dilaunching tiap bulan hehe..tiap hari ada contoh menu apa yg mereka makan tadi siang(gmbr.1 baris pertama) nah kegiatannya merka buanyak hasil2 karya terbaru suka ditempel ma sensei/gurunya(gmbr. 2&3 baris terakhir) sedangkan kelasnya luas banget kalo meja ato kursi biasanya dipasang saat diperlukan (gmbr paling, yg ada caca :p). Kalo mo bobo tinggal gelar futon kecil2 semacam kasur palembang kali ya...effisien banget kan :p)

Image hosted by Photobucket.com
Yang ini adalah poto2 yg diambil sensei/gurunya saat mereka beraktifitas dikelas:p)
Dulu sih waktu pertama masuk orang tua diundang dulu seharian disuruh tinggal dikelas dimana anak kita bakal masuk jadi kita nglihat apa sih yg mereka kerjakan dari pagi sampe sore, misal nih pagi mereka bersih2 badan senam trus belajar mengenal huruf warna ato apa aja dengan metoda kartu abis itu biasanya jam 12mereka makan sampe jam 1 trus bobo siang ampe jam 3-an baru maen2 lagi ma senseinya. Kegiatan nari ato nyanyi yg diajarkan nanti bakal dipentaskan tuh kaya gambar caca paling atas hehe...kalo udah masuk umur 4tahun keatas kegiatannya makin seru dan berat deh untuk sekolah caca selalu yg menarik koor dan marching band. Jadwal kegiatan sekolah sih udah disusun dalam setahun kaya bazar, pagelaran festival uh banyak deh...pokoknya bikin anak ga bosen masuk sekolah, masak caca yg sekarang umur 2thn 10bln aja semangat kalo hari2 sekolah, pokoknya pagi papa gakko(sekolah) caca gakko sore dijemput papanya lagi baru deh papanya balik ke kampus :p).

Yang paling menakjubkan di sekolah ga ada cleaning service, hebat ya anak2 dilatih mandiri jadi ga kenal pembokat ato suka suruh2 gitu. Sensei sendiri yg melakukan semuanya jadi kalo abis bubar sekolah sensei2 itu ngepel nyapu kelas nyuci njemur uh pokoknya kerjaanya dari bos sampe tukang bersih2lah...udah gitu mereka tuh sabar banget ngajarin anak2 ganti baju sendiri lepas sepatu pake sepatu sendiri....kalo kita emak2nya pasti suka ga sabaran kan pengen bantuin hehe...cita2 nih pengen banget bikin sekolah kaya gini ntar kalo balik hehe...modal ya ga tahu darimana cuman nyari guru yg mau nglakuin dari ngajar sampe bersih2 juga kira2 ada gak yg mau yak...suer lho ini bisa contoh yg bagus soalnya kan anak2 tuh suka mencontoh dari orang2 yg tiap hari berinteraksi dengannya, cuman dari keluarga juga harus dapet dukungan :p) terus terang aja dulu caca suka banget nyuruh2 kalo mau apa2 nunjuk aja abisnya kan dulu ada pembantu dan kita2 suka manjain anak tuh, nah sekarang disini dia bisa mandiri...bangga lho liat perkembangan anak kalo positif...iya kan:p) jadi mo sharing modal kek ato tenaga kek ato ide2 buat sekolah di indonesia yg beginian biar anak2 kita mandiri sejak dini ehm...:p)


2 comments:

  1. bener banget deh.Anak Dimasukin Hoikuen untungnya uakeh pol. Soal sistem pendidikan aku lebih seneng & cocok disini deh!

    ReplyDelete
  2. Wonderful and informative web site. I used information from that site its great. »

    ReplyDelete