Sunday, May 06, 2007

Yamagata Road Tour


Long wiken berlalu dah akhirnya...berkesan kok^o^bis kita jalan2 juga. Pertama kali Riko-can road show nih. Heeh setelah mendekam 40hari gag kuat juga kalo cuman maen ke mall lage mall lage secara eman kl jjs di mall ma papa gag asik, abis si mas handri nih paling ga doyan nemenin belanja ^o^.Ember sukanya nyetir jln2 jauh gitu d ...
Kalo muter2 daerah Tokyo gag bisa bawa boil, bawa juga waktu itu mesti yg ada GPS-nya, dan setelah sukses merambah Nagaono-ken Matsumoto shi,Kyoto-Nara-Osaka, kali ini kita road tour daerah Yamagata-Ken.
Niatnya sih nyari daerah lebih atas lebih dingin dari Niigata secara dirikuw ga kebagian sakura di Nagaoka hehe... Pas tgl 3 abis dhuzur kita berangkat dgn pemikiran Nagaoka-Yamagata lewat tol jadi bisa cefet tanpa ngcek peta, ember...lha bener kan sampe Niigata sang `navigator` ini ngcek peta (berhubung si beibe riko n caca molor^o^) eh...ga nyambung toll-nya huhu...alhasil setelah dicek jalannya eman kita harus lewat jalur biasa. Jadi abis Azukamatsu kita keluar tol lewat jalur 121 untuk sampe Yonezawa, kota yang berbatasan dgn Niigata. Di Yonezawa emang kita mo berkunjung ke tempat om kliting mo pake apatonya hihi...mumpung beliaunya lg ber-asyik masyuk di Indonesia. Perkiraan 2,5jam by toll jadi 5jam deh abis macet juga lha awal Golden Week smua orang kan travelling di hari itu^o^.Sampe Yonezawa kita cari Eki(stasiun kereta) karna di Jepun semua pusat info kan bisa dicari di Eki. Abis itu liat ada `koban`/kantor polisi..hmm daripada suseh kan. Alhasil gw dapet peta kota Yonezawa dan dgn mudahnya menemukan apato om-klitin^o^. Malem itu kita muter2in kota Yonezawa yg buanyak bertebaran beef steak n onsen/spa.
Hari kedua setelah nambahin gomi/sampah om klitin hihi...kita berangkat ke Yamagata. Maklum bawa beibe jadi berangkatnya gag bisa pagi2^o^trus jalan ke Yamagata-shi ini macret juga huhu...tujuan utama muterin daerah Zao-machi. Disini selain onsen/spa n area ski yg terkenal adalah Crater Lake or Okama (bukan tempat bences lho...okama=bences^o^). Tempatnya di puncak gunung jalan meliuk2 kek ke Puncak pi lebih parah n lebih tinggi alhasil si caca pun mun2 pas di BOdaira-Kogen (dataran tinggi Bodaira). Halah2 pergi pas libur panjang gini ternyata macret gag ketulungan ga bergerak antrian ke Okama hikz...udah jam 2siang perut laper kasihan riko juga ya sutralah kita lewatin ajah tuh danau langsung turun ke daerah Miyagi-ken. Abis itu kita menuju Yamadera temple yg tempatnya juga naik ke bukit lagi huh dasar propinsi gunung ^o^. Disini kita nyobain soba Yamagata yg terkenal sih soba dingginnya `itasura soba`. Doh kaki dah mo gempor sambil gendong riko abis jalanan nanjak mulu dan templenya juga naik tangga tinggi pulak sampe caca juga kecapekan minta gendong ^o^. Udara cerah juga masih berasa dingin nih anginya. Hari ini kita mencoba keberuntungan di Toyoko-inn hotel krn booking cuman dapet hari sabtu hikz. Eh alhamdulillah yang tadinya dibilang full tnyt ada kamar kosong karna kita nunjukin kartu member ^o^ udah capek soalnya kalo mesthi balik Yonezawa ke apato om kliting.
Bener2 capek ampe caca minta dipijit tuh kaki hehe...kalo riko malah nikmatin bener perjalanannya...bobo mulu di mobil paling2 2-3jam sekali minta susu^o^.
Hari ketiga kita usahain berangkat pagi2 nih...karna papa masih penasaran kl gag ngliat danau Okama, jadi kita naik lagi^o^alhamdullilah karna masih jam 10pagi jalanan masih agak kosong n akhirnya kita sampe di Okama. Doh sanking tingginya daerah masih bersalju tebel^o^dan ternyata hari itu biar pun cerah anginnya duingginn nian...riko gag mungkin dibawa, hikz akhirnya cuman daku n caca yg turun itu pun ga bisa liat deket2 gag kuat dinginnya abis orang2 jepun pada ude siap pake jaket tebel2 or jaket ski kite cuman jaket jins doang^o^dan memang mas handri udah pernah kesini waktu tour bersama student Gidai. Abis puas ngrasain dinginnya Okama kita turun lagi mampir di daerah Zao Sarukura. Disini caca puas banget mancing ikan gag berhenti walopun udah dapet 7ekor^o^. Hari Sabtu tgl 5Mei emang Koinobori/kodomonohi ato hari anak2 cowok yg berlambang ikan, jadi banyak pengunjung juga disini. Hasil pancingannya bisa dijadiin ikan bakar ato sasimi. Karna caca n papa dapet 7ekor kita juga makan tuh 7ekor ikan bakarnya haha...Yang ga bosen maen prusutan nih caca dari puncak bukit ke bawah...papa aja gag kuat.
Selanjutnya kita menuju daerah industri ceramic Hiramizu. Terinspirasi pilem Gost gitu hihi...mo bermesraan bikin keramik. Setelah nyobain keju Yamagata yg katanya enak tenan emang enak sih ^o^..dibikin pizza n spageti ketemu dah daerah industri ceramic-nya.Pokoknya karna kita jalan2 dengan beibe riko yg belom genap 2bulan hehe..jadi gantianlah nemenin caca-nya. Kali ini caca ma mama bikin ceramic si papa maen ma riko ehmm. Pertama kita diajarin dulu cara bikinnya halah kalo liat instrukturnya sih gampang lha pas nyoba ... hidoinaaa, menyedihkan banget ngliat hasil karya ndiri^o^. Caca bikin piring doraemon n diriku bikin mug berbentuk heart hihi...gag tahu bener gag bikin bentk hati buat mas handri^o^.Ntar hasilnya abis dibakar dikasih warna bakal dikirim ke rumah kira2 masih 3-4minggu lagi.
Berikutnya kita berwisata di pusat kota Yamagata ajah gag ke mall-lah, sama ajah kl mall ye ya gag...jalan2 di taman yg ditata apik pas banget buat jalan2 kita mampir di Otemon. Bangunan bersejarah kek benteng ini dalemnya ternyata taman yg asri dan indah banget, masih ada sisa pohon sakura yg menjutai2 (akhirnya masih kebagian sakura ^o^..)plus air mancur dan patung2 yg menambah cantiknya taman. Puas n capek kita balik ke Hotel lagi. Gag nyobain onsen sih abis malu kalo onsen bareng2 gitu jadi onsen ndiri ajah di bathtub hihi...
Hari ke-empat pas banget cuaca berubah jadi ujan kita balik ke Nagaoka dengan jalur berbeda, yaitu jalur 113 lewat Oguni sampe Shibata yg ada tol Niigata-Nagaoka.Karna memang ga nyambung tol-nya antara propinsi Yamagata-Niigata secara memang banyak banget gunung2nya maka kita buanyaaaak banget ngelwatin tunel2 yg panjang dan sambung menyambung gitu. Jepun emang sukanya bikin tunnel - ngerong kek hewan apa ya yg suka bikin terowongan didalem tanah hehe..Caca n Riko sih ampir mirip dua2nya ban berjalan bobo^o^nah si riko kalo masuk tunnel yg gelap gitu makin merem dah matanya dikirainnya malem kale ya hehe...Sorenya kita sampe kembali kerumah, alhamdulillah jalanan gag semacet yg ditipi2, secara emang ini Golden week semua orang pada trvelling^o^. otsukaresamma...caca dan hime langsung bobo kita siap2 mijit pak sopir pasti kakinya pegel hihi...

10 comments:

  1. hime chan ntar jadi kek kaka deh ditraining jjs melulu...biar kuwat ya cayang....kuwat yen nya jugah yah...amiin

    ReplyDelete
  2. whaaaaah tante kalah nih sama Riko-chan dah jalan-jalan kmana-mana.. ikutan dwoooong

    ReplyDelete
  3. AnonymousMay 07, 2007

    hwaaa.... ga kerasa udah golden week lagi!

    happy kodomo-no-hi :)

    ReplyDelete
  4. hebat ooy mbak bibip baru melahirkan dah jalan-jalan top banget deeh..Iya sama kayak aku mbak, suami ku juga gak asik diajak jalan2 ke mall..maunya buru2 mulu,sebel deh.

    ReplyDelete
  5. Walaaaaah abis jalan-jalan rupanya. Ooooow senangnya! Aku dah gag bisa jalan-jalan jauh. Takut lahiran di jalan. he..he.. Jalan kaki juga sekitar rumah aja nih.
    Di sana ada macet juga rupanya Bip...
    Jangan lupa ya, mug yang dikirim di foto ya. Keknya asyik banged niiiih.

    ReplyDelete
  6. Mas Handry sama banget dengan daddy'snya Michael, nggak mau diajak ke Mall,tapi kalau diajak jalan jauh jauh Ok banget.
    Dan hal itu jadi nular ke anak anak, kalau diajak ke Mall wah sudah pada jerit jeritan nggak mau...nasib deh, apa karena anak laki laki ya? mungkin kalau anak perempuan bakalan Ok kali ya diajak ke mall..
    Jalan jalannya asyik, ceritanya juga asyik serasa ikut jalan jalan nih..bisa ngebayangin deh gimana nikmatnya..

    ReplyDelete
  7. Wuaaa, jadi yee...ke Yamagatanya...keren Bip foto2nya..kemarin gw cuma ke Echigo Yuzawa aja, abis si bos ada kelas sih hehehe

    Hime bakalan doyan travel juga nih kayaknya, abis dah dilatih dari sekarang sih hahahaha

    Makasih yah say..doanya buat mas Nugy, gw lagi deg-degan nih, yg ujian sapa yg deg2degan sapa? hehehe

    ReplyDelete
  8. AnonymousMay 09, 2007

    hebat deh Riko-chan udah jalan2 aja :)

    ReplyDelete
  9. AnonymousMay 10, 2007

    menurut gw itu yg kakinya gatel pengen jalan2 sebenarnya elo kan heheheh, secara udah brapa bulan kerjaan lu makan tidur - makan tidur ajah di rumah kek beruang kutub :D

    tapi asik bib..
    bikin tembikar, mancing dll adalah proses learning by doing yg bagus buat caca (dan mamanya hehehe)

    BTW, riko mukanya mirip papa-nya banget ya :)

    ReplyDelete
  10. Waa..Riko chan masih baby dah jalan2 jauh ya. Iri deh.. Ke Yamagata ikut sakuranbogari ga, Caca?

    ReplyDelete