Friday, August 14, 2009

ThatS my GIRL!

Pertumbuhan si kakak udah mulai kelihatan, sejak masuk SD ini dia memang diajarkan utk mandiri iyah dari dulu memang penekanan pendidikan di TK eman mandiri dari makan sendiri, pake baju dan ke toilet sendiri. Baru beberapa bulan sejak masuk SD ini makin diasah kemandiriannya sperti berangkat-pulang sekolah harus jalan kaki sendiri bersama teman2 sekelompoknya.
Karna Chacha masuk penitipan/jido setelah pulang sekolah sekitar jam 3.15 saya udah bilang sebelom maen harus ngerjain peer dulu. Ini bener2 dia camkan baik2...setiap kali saya jemput memang ga pernah lupa kalo PR udah dikerjain. Trus jadwal extra school nya seminggu 3kali jg udah mulai ngerti, misal senin-rabu jam 5 harus ke tempat soroban, tiap jumat pulang sekolah langsung ikue center utk music dan chorus.
Wajib belajar di Jepang adalah SD-SMP dgn materi pelajaran gag terlalu banyak, malahan smua lebih ditekankan ke praktek dan contoh keseharian. Untuk kelas 1 ini saya lihat pelajaran yg berpikir cuman santsu/math sm gokuko/bahasa. Yang laen IPA ato IPS disini langsung praktek seperti nanem bunga bagi tiap2 anak jd mereka tiap hari hrs nyiram dan nyatet apa aja perubahannya. IPS nya mereka diarahakan bebersih kelas, bebersih sampah disekitar sekolah, memisahkan antara burnable dan non burn garbage, kejujuran, memberi salam, saling menolong dll.
Di sini jangan ditanya ada juara 1-2-3, gag ada ... setiap anak dianggap sama, mskp ada pandangan bagi saya anak2 jepun takut persaingan kali ^o^, tapi disisi lain anak2 jadi tumbuh sehat dgn persaingan yg sehat. Mereka selalu ditanamkan `minna chigatte` smua orang berbeda dgn kelebihan dan kekurangan...tapi smua lebih ditekankan kekurangannya adalah kelebihan anak itu juga ^o^.
Suatu hari caca yg bener2 pengen stay disini saya beritahu bahwa papanya kemungkinan ga bisa memenuhi itu....caca nangis2 dan sedih banget :( Dia minta HP pengen sms papanya saat itu juga, saya pikir pasti dia bakal nulis kemarahan dan kekecewaanya. Ternyata saya jadi malah menetes2 air mata hikz..."papa otsukaresama...itsumo arigatou" ( papa sudah berusaha ya susah2...terimakasih). Oh bgitu terhenyak...saya sendiri dgn beribu alasan akan mencounter papanya....tapi anak saya didalam hati sedih dgn hati kecewa ternyata keluarnya begitu tegar begitu indah sms itu disampaikan papanya.....lha papanya sendiri dikira saya yg ngajarin!!! Alhamdulillah thats my girl...mama bangga denganmu sayang.
Inilah yg ingin saya ceritakan pendidikan bukan semata2 IQ bukan semata2 anak2 harus juara-1...tetapi EQ, akhlak yg baik harus ditanamkan sejak sedini mungkin....krn IQ bisa diasah perlahan saat si anak sudah kuat EQ nya!
Semoga kaka Caca dan adek Hime pun akan tumbuh dgn akhlak yg mulia, amin.

5 comments:

  1. Alhamdulillah.. seneeeeeeeng bgt bacanya.. tambah besar tambah pinter dan solehah ya sayang.. muaaaach.. maaf lahir batin utk febri skeluarga, met menjlnkan ibadah Ramadhan 1430H moga kita smua mandpt pahala dan maghfirahNYA amiin..

    ReplyDelete
  2. Hisashiburi desu,,^_^..Mbak Febri saya jg kangen. peyuk..peyuk...
    Wah..anak2 udah besar ya..cakep2 mbak. imut deh..
    btw..lebaran mudik ga?

    ReplyDelete
  3. tante Kendy sama2 ya..kami juga mohon maaf lahir dan bathin selamat menjalankan ibada puasa.

    mbak wahyu...hohoho..hisasiburi hontouni.
    Lebaran ini ga mudik tante^o^
    Met menjalankan puasa ya

    ReplyDelete
  4. Pintar sekali Chaca menghibur hati orang tuanya... Dewasa cara berfikirnya ya Feb, pintar ..bangga sekali punya anak seperti Caca...
    Semoga Caca selalu diberi kemudahan dalam hidup ya Nak..Amin

    ReplyDelete
  5. Pintar sekali Chaca menghibur hati orang tuanya... Dewasa cara berfikirnya ya Feb, pintar ..bangga sekali punya anak seperti Caca...
    Semoga Caca selalu diberi kemudahan dalam hidup ya Nak..Amin

    ReplyDelete