Friday, February 26, 2010

The last semester class visit!

Di penghujung semester.....si kaka caca belom terima apa sih yg katanya raport...jadwal ujian jg masih ada 2kali lg di bulan Maret, cuman kemarin adalah hari kunjungan sekolah ato jugyo sankan ato class visit bgicu d...Selama satu tahun ada bbrp kali jadwal jugyo sankan kalo saya gag salah itu 5-7kali....dan kemarin adalah yg terakhir utk caca selama kelas SD-1 ini.Selama jugyo sankan ini biasanya slalu saya yg datang krn papanya sudah kerja jd waktunya ga se-flexibel waktu kuliah dulu. Udah gitu biasanya kunjungan kelas yg diadakan pukul 1.50-3pm di mata pelajaran terakhir jd biasanya anak2 bisa langsung pulang bareng dgn org tuanya secara setiap hari mereka pulang sendiri2. Caca pun biasanya saya tinggal^o^krn saya sendiri ada jadwal mengajar, jadi caca pergi ke club depan sekolah tempat utk penittipan anak2 yg org tuanya kerja. Gedung besar sekali penuh dgn fasilitas bermain dari gymnasium sampe perpus ^o^. Plus ada bbrp guru yg ngawasin jd kita ga terlalu khawatir.Kunjungan kali ini, caca pengen papa mamanya dateng plus bisa langsung pulang plus lagi kami nda boleh bawa mobil ^o^katanya kl bawa mobil caca ke jido club aja ga pulang bareng hmmm....bocah mungil satu ini memang ada2 aja katanya pengen ada papa pengen pulang jalan kaki bareng2 deeee. Hari Rabu waktu saya jmpt caca dia udah nanaya `kyou papa kaeru ne` (hari ini papa pulang kan) mukanya udah berseri2 halah cmn ditinggal conference ke Fukuoka 3hari aja gitu lho...ya sudah waktu jemput papa di Eki/station caca udah seneng dan langsung nanya besok papa dateng ya....Papanya sendiri seperti biasa tanpa ekspresi ham hem ham hem ajah :)Besoknya papa ternyata meluangkan 1jam waktunya yg sibuk krn ada tamu di Labnya ^o^utk nglihat anaknya ngapain ajah sih di kelas ini. Ternyata lha kelas 1SD itu bnyk maennya ya hehe...dikelas mereka menceritakan apa yg mereka alami selama satu tahun. Masing2 2orang cowok cewek berpasangan menggambar dan menceritakan ttg kegiatan2 yg mereka alami selama di kelas 1, seperti Undokai (atletic festival), marathon day, menanam ubi, menanam bunga mengurus sampe diambil bijinya), picnic day, green day, music fest, school festival, halah kok nda ada pelajarannya yaaaaaaaa ^o^. Mereka anak2 ini dibuat utk bisa berpikir sendiri dan mengeluarkan pendapatnya apa yg menarik dr kehidupan sehari2nya disekolah.Tampilan berikutnya apa sih yg udah bisa dilakuin selama kelas 1SD...olala jgn berharap saya sudah bisa berhitung yg susah2 perkalian sampe 100 ato menghapal nama2 biologi tanaman...nda nda nda ada sama sekali. Per kelompok mereka memilih sendiri ada yg menunjukan `saya biasa jump rope, saya bisa duet jump rope, saya bisa menulis kanji, saya bisa penjumlahan (cmn sampe 20 lho!), saya bisa membuat aneka kreasi dgn `nendo` apa yah bhs indonesianya saya lupa malam?? , saya bisa menyanyi. Nah kan nda ada yg susah^o^Sepertinya mereka ini memang ditekankan utk mengeksplore kemampuan diri sendirinya, kemampuan bersosialisasi, kemampuan mandiri, berpendapat, dan masih lebih bnyk ke motorik. Terakhir permainan tukang post, yaitu mereka membuat surat kepada papa/mamanya sendiri dgn tulisan yg bagus isinya terserah apa yg mereka pikirkan. Dan ternyata kali ini surat caca ditujukan kepada papa mana ada gambar papanya lengkap pake kacamata di amplopnya^o^ dgn malu2 caca ngbukain dan papanya membaca...ah setelah itu papa kabur pamit balik ke Lab. Saya pengen tahu apa isi suratnya... hmmm membuat saya menitikan air mata. Intinya dia senang dan pengen tinggal disini (krn kami sudah bilang bahwa thn dpn caca bakal sekolah di jakarta), caca mengucapkan terimakasih krn papa bgitu berjuang keras setiap hari kerja utk mereka. Doh gmn dung ga terharu masa anak kecil yg tiap hari bnyk -an maennya ini bisa memberikan apresiasi ke papanya kl papanya udah kerja keras buat mereka dan bilang terimakasih hikz.
Sewaktu berjalan berdua pulang kerumah saya tanya: `knp kaka ga kasih surat buat mama?` Dia bilang..`mama mo ganbatteru kedo...papa ga kazoku de ichiban ganbatta yo, soshite caca saigo ha hime, ...hime asobo dake nara ne...` (iya mama mmg jg keras, tp dlm keluarga papa yg no.1 kerja keras, trus caca juga dan terakhir hime..kan hime masih maen aja ga pernah disuruh belajar)^o^ Saya cmn bisa senyum2 aja dgn cara berpikir caca....bagaimana dgn cara berpikir sepupunya yg seusia atao anak2 seusianya di belahan laen???!!!

7 comments:

  1. Aku nggak tahu gimana cara belajar anak anak kelas 1 di Indonesia..tapi kalau anak anak kelas 1 disini ..sama kayak Caca begitu...mereka dikasih bahan apa yang mau dibicarakan hari ini..dan mereka dicoba buat mengeluarkan pendapat tentang itu.. Michael yang masih kindegarten sudah mulai dilatih untuk begitu..
    mereka belajar dari kehidupan begitu.. bukan dijejelin ilmu ilmu yang kadang nggak jelas buat apa nantinya .
    Social study paling utama buat mereka saat ini.. biar mereka nggak melulu menghafal ..tapi pemahaman ..begitu sih kayaknya menurutku :)

    ReplyDelete
  2. mungkin ada bedanya sekolah di negara yg sudah maju dan di negara yg sedang berkembang ya Hol, masing2 punya cara mempersiapkan SDM nya.
    Iyah bener sejak di TK anak2 mulai diajarin berkreasi dr hal2 yg sederhana dan dihargai karyanya dgn ditempel di dinding2 gitu jd semarak kelasnya ^o^

    ReplyDelete
  3. sebenarnya sy suka iri kalo melihat anak2 yg bersekolah di LN. Sy kasihan dg anak2 di Indonesia, dr sejak usia TK aja mereka udah di push u/ belajar membaca, menulis, berhitung. Hal2 yg kreatif justru di kesampingkan. Bahkan untuk masuk SD pun udah ada tes calistungnya.. Sekarang sdkt sekali TK yg mengedepankan kreatifitas.. Makanya sbg org tua yg tinggal di Indonesia sy sebetulnya cukup pusing juga mbak..:)

    ReplyDelete
  4. asiiik bgt baca perkembangannya Caca semester ini, lucu ya kl baca tulisan anak2, kdg kita gak nyangka isi tulisan mrk, malah kdg gw yg lbh byk belajar dr mrk.. tp mulai kls 3 ini hani dipaksa hrs blajar beneran doh trutama science sm math-nya fractions, bar graph, problem solving yg jawabannya hrs pake logika muter2 mana metodenya beda pula ama jaman gw dulu, buntut2nya brantem 'bukan bgituu kata mdm cheng caranya bgini.. horee tralala..

    ReplyDelete
  5. asiiik bgt baca perkembangannya Caca semester ini, lucu ya kl baca tulisan anak2, kdg kita gak nyangka isi tulisan mrk, malah kdg gw yg lbh byk belajar dr mrk.. tp mulai kls 3 ini hani dipaksa hrs blajar beneran doh trutama science sm math-nya fractions, bar graph, problem solving yg jawabannya hrs pake logika muter2 mana metodenya beda pula ama jaman gw dulu, buntut2nya brantem 'bukan bgituu kata mdm cheng caranya bgini.. horee tralala..

    ReplyDelete
  6. yahhh smua dijadikan bisnis dan uang oriented plus kita mmg gampang tergoda nda mau kalah hehe....apa sih yg gag buat anak^o^

    ReplyDelete
  7. haha..iya Ken mgkn krn masi kelas1 jd dikasi dasar bermain logika dan berpendapat...uh siap2 deh Ken berdiskusi berat dgn hani mana kl udah sekolah gurunya kan yg paling bener hehe...

    ReplyDelete