Friday, May 26, 2006

ASpri or PRT or....???

Kalo sebelumnnya baca blog ummi Lili ngbahas sosok wanita yg udah jadi aspri-nya, skrg gw kena giliran juga. Tuing…gedubrak…bum…`aspri` dilempar ma Ira mama Nabil hihi…tag-nya ngomongin PRT ^o^. The servent also human. Kalo nglihat pilem2 Inggris yg namanya kepala urusan rumah tangga ato pembokat ini kan jg jadi karir menarik, karna gajinya juga gile….cuman kalo untuk negara maju ga dipungkiri yg jadi PRT adalah orang2 yg no choice ga bs nerusin sekolah ato memang malas sekolah ya ^o^.
Ada PRT yg howkeh sampe2 bisa bertahan bertahun2 even udah nikah mereka, tp bnyk juga yg `parah` sebut saja tiap hari slalu ada berita di koran2….misal: anak disiksa pembantu saat orangtuanya kerja, alesannya si anak terlalu rewel ato bandel. Ato cerita ttg bayi yg disewakan utk mengemis dijalanan oleh pembantu saat orangtua bekerja, anak perempuan diperkosa lelaki yg tnyt pacar pembantunya…dsb, atau kurang tragis, hmmm pasti menyimak derita TKI2 di Malay Spore Arab dll… Sebetulnya masalah attitude, karna PRT2 ini masih sangat muda polos dan karna tumbuh dilingkuan yg keras n kurang otomatis mereka mudah banget tergiur kemewahan dan janji2, selain itu cara kerjanya jg tentunya jauh dr professional. Iyalah…wong gaji mereka tiap bulan jg murah….tenaga murah no skill.

Flashback...kalo kaya gw yg kebetulan tinggal di kampung…,untuk masalah bantu membantu ga masalah. Sebelum nikah beli tanah di Margonda tepatnya dibelakang jalan gede itu hehe….penduduk sekitar masih hobinya ngjualin tanahnya dgn harga tinggi2 trus mereka ngbangun kamar2 untuk disewakan karna bnyk mahasiswa UI n Gunadarma ato berjualan dipinggir Margonda. Mereka yg kurang pekerjaan biasanya nerima cucian anak2 mahasiswa (dicuci di kali) trus disetrika harga terjangkau mahasiswalah. Sedangkan kaya kita, yah tanpa bnyk minta tentunya ada beberapa tetangga yg minta dikasi pekerjaan. Alhasil pernah rumah kita yg seumprit si gubuk cinta itu dirawat banyak orang, ada Nur gendut yg nyuci-gosok, ada Nur yg nyapu ngepel, Mia yg jagain caca, Bu Sanik masak, Dhadi yg ngurus kebon blkg, Mul-sopir 3bln aja (karna udah hamil besar dan mas Handri ngerjain proj di Tanjungsantan haha…)kaya org kaya ajah. Tapi bener mereka minta kerja krn ga bs bayar SPP anak2nya, susah nyari kerja, suaminya diPHK dr satpam dll.

Gak ada kejadian istimewa, tp kita paling cucok sm bu Sanik…kl ngerjai proj minimal bs 1-3bln ga dirumah bu Saniklah org yg sangat bs dipercaya mskp plg pergi aja ngbersiin rumah kita, sampe2 kita kasih kunci rumah segala., jadi kadang2 ada cerita kl bu sanik lg ngambekan ma suaminya tidur siang di rumah gw hihi…Bu sani ini aspri-nya nyokap mertua iya jarak rumah kita ma mertua cmn 200m), jadi bnyk an mertualah yg ngasih mandatory dll.^o^. Beliau bersama mpok Ijah(tkg pijit bayi) jg yg ngurus caca saat lahir, nyariin daun2 buat ngurus perut gw setelah lahiran, numbukin jamu2 buat nglancarin ASI, dll. Beralir terus umur bu Sanik ga memungkin ngrawat caca seharian karna beliau jg ada anak, akhirnya mama gw datengin Nur(16) dr Trenggalek. Bener2 polos sampe2 ga ngeh juga kl Jakarta itu ga aman bagi anak gadis kl malem. Pernah suatu sabtu plg maghrib dr rumah kita harusnya balik ke rumah Ibu, tiba2 ibu telp kok Nur blm balik udah mo jam 9mlm…wih kelabakan gw ma mas Handri muter2in pondok cina nyariin bocah…udah takut aja pikiran nih eee lha kok tnyt Nur pulang2 cengengesan blg dari perpustakan sewa komik kaga bilang2…..Trus karna Nur ga gape2 ngurus bayi, kita berkelana mencari baby sitter….setelah bosen tolak sana tolak sini kita dapet si Mia(18), anaknya putih bersih dan jg pny pengalaman ngurus bayi. Halah…namanya juga gadis2…karna sanking bnyknya mahasiswa/i disekitarnya lama2 gayanya jg sok mahasiswi eitz ini sih ga masalah tp kalo kerjaannya jd ga bener kan bikin uring2an nyokap juga. Abis hari2 kan caca kalo pagi dititip ke rumah nyokap sama baby sitternya sampe kita pulang kerja hehe….malam sih bagian orangtua caca yg ngurus ^o^.
Nah pas ditinggal papa caca ke Jepang mereka makin berani tp-nya (tebar pesonanya) hehe…kemana2 maklum bnyk anak kost disekitar ato tukang dagang keliling, kerjaan makin ga bener, ntar kl gw ajak pergi di mobil seakan jd nyonya gw sopirnya.....sampe yg nyebelin pas gw mo berangkat ke Jepang nysul nih. Ceritanya si caca mulai sakit2an kangen papanya rewelnya minta ampun udah gitu di kantor gw ga direalese juga untuk resign jadi sampe 3hari menjelang keberangkatan teteup aja gw ngantor untuk ngyakinin si bosbahwa Engineer yg gantiin project gw juga capable plus kita janji support via e-mail sampe project selesai. Karna waktu itu Lebaran jg ga tega gw ga ngijinin Mia pulkam, dgn janji seminggu doang...halah2 sampe gw berangkat kok ya Mia ini ga nongol, jd babak belur dah persiapan pindahan, ngberesin rumah dll, karna caca ga mau dipegang org lain biarpun Nur juga berusaha bantuin, hiks.... Sebel sana sebel sini ga bisa dipunkiri kalo mereka2 pembantu ini tentunya sudah bnyk ngbantu kerjaan kita n tentunya ada dong kenangan indah sm mereka. Nur yg polos suka bikin ketawa kita…Mia cukup telaten nyuapin caca, uh kalo bu sanik ato Nur gendutz sih karna mereka2 sudah berumur no negatif comment dah, jg Dadhi yg ngrus kebon jadi makin bnyk aja pisang dan mangga yg dipanen hehe….btw mereka ini masih sodara-an hehe…..maklum penduduk sekitar.
Anyway keknya gw ma mas Handri eman lebih prefer ditangani sendiri dirumah, kalopun ada yg bantu2 kalo bisa pulang pergi ajah...bayangin aja selama ada Mia (7bln) mas Handri kalo dirumah kerjanya dikamar mulu ^o^. Trus juga bagi caca jadi ga manja....dl ada Mia dan Nur apa yg ditunjuk caca kan diturutin...caca jd malas ngomong malas ngerjain sendiri bin manja. Yah ga ada yg heboh...cuman bagi gw yg baru nikah belajar utk mengenalin watak orang lain belajar memperlakukan orang lain yg baik....moga2 kalo balik nanti masih ada bu Sanik ato bu-bu yg lain yg bisa plg pergi aja ngbantuin rumah hehe....
Eh skrg moga2 te Yanti mama Naila,te Ami mama Haura, n te Gege mama Zebby klo ga sibuk certain pengalamannya……

9 comments:

  1. AnonymousMay 27, 2006

    alo caca,

    tante baru berkunjung ni di rumah caca. biasanya sih main di rumah mamanya caca aja. rumahnya caca bagus.

    tante jadi banyak belajar di sini.
    makasi

    tante mo titip pesen buat mama:

    Bip,
    cerita ttg PRT gw jadi inget kenangan kecil gw.

    entah gimana cara nyokap gw nanemin prinsipnya.. yg pasti, gw n adik2 gw ngerasa mereka sebagai bagian dari keluarga inti gw. kita semua adalah tim. masing2 punya tanggung jawab terhadap rumah tangga.

    nyokap gw bener2 tau caranya memanusiakan manusia. Prinsip dia sederhana:
    "cari orang jujur itu susah. sementara gw ninggalin rumah seharian. so klo ada yg ga cocok, gw yang menyesuaikan" (asal ga prinsip)

    Klo urusan anak2, begitu bonyok ada di rumah dalam kondisi capek ato ga, so pasti itu tanggung jawabnya bokap nyokap gw.

    Gw bisa ga ya bip kayak gitu?
    secara nyokap gw ngegedein gw di ambon, n gw sekarang kudu ngegedein anak di JKT gitu? Duh... :(
    (anak yang mana?? hehehe :D)

    Thx ya.. postingnya
    Arigato Caca

    ReplyDelete
  2. Walaah... ternyata Mbak Caca banyak amir waktu di Jakarta dulu. Masing2 sudah punya pkj sesuai kompetensi. Masak saja, nyapu dan pel saja, nyopir aja, nyuci saja juga ada dll. Pantesan Papa Caca jadi ngamar aja. Hi...hi...
    Tapi dikau sudah membuktikan Bip. Tampa asisten ternyata bisa juga kaaaaan? *di Jakarta bisa juga gag ya?*
    Ok deh... nanti klo dah sempet nulis Mama Haura juga crita tentang asistennya.

    ReplyDelete
  3. Makin lama sekarang makin susah yah dapet pembokat yg bagus and setia di Indo, keluargaku di Indo juga mengalami hal yg sama, prt tuch keluar masuk. nggak kayak jaman aku masih kecil dulu, yg ngrawat aku aja sempet ngerawat dari aku bayi sampe masuk sd. loyal banget dan nggak neko2. Dan hebat lho sekarang kita bisa juga nggak pake prt di negara orang yah bip... hehehe... (kalau aku : krn nggak sanggup gaji prt ;-))
    oya makasih atas kunjungan ke blog Ian yah dan perhatiannya juga, keluargaku baik2 aja, mereka tinggal di Jatim dan Jakarta sekarang. Bagaimana dengan dikau ? Semoga sehat2 semua yah...
    Muach... buat caca...

    ReplyDelete
  4. wedew.... lom kebayang, abis lahiran baby sapa yg bantuin ya? hukekekeke... ga tega juga ninggalin baby ama pembantu, ya paling balik2 ke nyokap lagih huekekeke.... maaaaaaammm help! gituw kalo aku siy Mba :D

    ReplyDelete
  5. AnonymousMay 29, 2006

    Mama Caca hebat lho...dari banayk asisten gitu tapi bisa ngebuktiin kerja alone dinegeri orang...ternyata semua beres kan...?? Tapi emang sih..begitu mendarat di bumi pertiwi kita langsung butuh orang yang ngebantuin ini itu...menggosok serasa susah...menyuci merepotkan apalgi masak he..he...

    ReplyDelete
  6. wah...asistenmu dulu bnyk amat, cuman efeknya buat Chacha jd gak bagus yacoz bnyk yg bantuin..., skrg biarpun kmu alone malah Chacha bnyk kemajuannya...

    aku jg sampe' skrg blm dpt asisten, jaman skrg susah nyari yg loyal, pasti tiap lebaran dah gak balik lg pdhl kita gak krg2 ngasihnya....

    sodaraku yg di yogya baek2 aja, apa kmu punya sodara jg disana??, smoga selamat smua....

    ReplyDelete
  7. ooh ternyata lagi musim lempar cerita ttg Aspri yaa..
    waaa gak sangka deh..

    ttg jogja, semoga ahli2 gempa indonesia yg lagi di jepang cepat pulang terus bantuin kita di sini..deh yaa

    ReplyDelete
  8. Berarti emang sekarang tuh kagak gampang yah nyari asistan buat bantu2 dirumah..Gw senyum2 baca tentang si Mia..yg tebar pesona ama mhsiswa2 tapi kerjanya jadi gak beres..dan kalau di mobil kayak majikan..(HAhahaha) *makan ati kan..Bip?"..

    ReplyDelete