Monday, June 19, 2006

Hanya karena roti......

Seminggu yang lalu saat caca masih dlm kondisi abis sakit tentunya masih gampang capek gw mengalami hal baru. Hari Rabu pulang sekolah seperti biasa kita jemput, hr itu dia maen di koen sekolah maen pasir…hmmm. Melewati toko roti caca udah bilang, `mama pan ya, pan tabetai`(pengen beli dan makan roti). Karena si papa modelnya kalo dah kelewat males balik gw bilang…iya ntar sambil naik speda caca aja deket ini. Okeh sampe di pelataran parkir gw pura2 lupa hihi…langsung aja masuk rumah caca jugah, nagih lagi dia….karna begitu pusing nglihat curing(cucian piring) gw langsung aja nyuci plus mo masak buru2 udah sorean, cucian di mesin cuci blm dijemur hehe…gw kan slalu pusing kl liat rumah berantakan. Saat caca nagih naik speda beli roti gw alesan lagi, mandi dulu deh walah…langsung dia nangis. Karna gw sebel kl caca nangis bukannya diturutin diajak ngomong2 baik malah gw omelin, caca kan udah gede masak gitu aja nangis…,dll , halah si caca malah makin nangsi ga berenti2…Pusing aja si papa ma gw nyari tahu napa caca nangis abis ga mau bilang knapa2nya….lama kecapekan kali dia hihi…minta susu (kalo lg ngambek pasti susu botol lagi dah). Udah abis astu botol minta nambah duh langsung gw sadar anak gw laper hiks….Trus karna udah agak reda papa balik ke kampus, gw udah keliatan bersih dapurnya dan nasi udah dibikin mulai dektein caca. Gw tanya kenapa nangis panjang banget… `caca pan ya ikitai, pan ga kaitai onaka suita` halah balik lagi kesitu to….akhirnya gw suruh mandi caca nurut. Abis itu beli roti dan caca makan bnyk….
Kejadian itu memicu gw mencari tahu kenapa sih caca hari itu begitu temper
amen, biasanya caca adalah anak yg sangat bs diajak komunikasi. Setelah baca2 diinternet website anak dan phikology anak, mungkin si caca maren mengalami temper tantrum. Caca sih blom parah ga seperti contoh2nya sih cuman mungkin masuk golongan ini.
Tempre tantrum ato peledakan emosi ini bnyk pemicunya, gw masukin kejadian caca maren kesini karena caca dlm kondisi capek baru plg sekolah dimana sekolah caca udah masuk kelas besar buanyak bgt kegiatannya. Caca baru sembuh juga masih lemah, trus laper. Udah gitu gw bnyk banget alesannya utk menolak permintaan sepele begitu, hiks bener ngrasa bersalah :p.
Pelajaran buat gw, sesibuk apapun harusnya gw ma mas Handri meluangkan waktu yg ga seberapa utk menjawab pertanyaan2 caca ato menjelaskan knp gw larang2 dia ini itu dgn benar^o^.
Memang memasuki umurnya yg ke-4thn ini caca suka sekali protes, complain kalo ada yg ga sesuai pendapatnya. Kalopun dibilang jangan harus jelas penjelasannya. Masalah makanan pun dia skrg udah tegas, kalo ga mau dia ga bakal nyetuh walopun dirayu2….Kejadian lagi hari Minggu waktu jam tidur siangnya gw ajak beli sepatu caca, bukannya seneng malah mo nangis gara2 ga ada tempat bermain di toko itu. Sebelum ngambek karna abis dpt pelajaran dr buku hihi…gw praktekin. Caca gw peluk omelan yg udah diujung lidah gw tahan, ganti dunk ngomong baik2…`caca liat dunk disekitarnya semua anak2 memang ga bermain, ditoko ini tempat beli sepatu jadi semua anak2 sibuk mencari pilihan sepatunya`,….yosss dalam sekejap dia liat sekelilingnya trus caca bilang mo sepatu gambar purikyu-a. Wah manjur ternyata …memang caca sebenarnya anak yg pintar (hihi..anak sendiri dipuji sendiri kekeke…)dia suka menganalisa sendiri apa yg gw bilang kalo bener dia agree kl ga bener dia bakal bilang `mama machigaeta`(mama salah) ato`mama uso dame dayo` (mama ga boleh boong^o^. Dan caca memang dasarnya anaknya aktif banget cepet kembali cerianya…Jadi sm anak jgn suka bentak2 deh…mendingan berlatih sabar ^o^....eits satu lagi, ini dia lagu kesukaan caca...mirai

13 comments:

  1. Tnyata gue harus blajar banyak dari anak juga.
    Caca untungnya mau diajak ngomong ya. Banyak juga anak yg kalo tantrum gak bisa diajak ngomong.

    ReplyDelete
  2. Bener Bip, anak jangan dibentak, tapi klu cape, tanduk kluar deh, kadang gak nyampe bentak cuma suara jadi sopran aja hehehe.
    Bip, sama banget kayak aku, langsung bete bin tuing tuing klu rumah berantakan.. tapi punya anak kecil susah ya punya rumah kinclong bin rapi jali. Sekarang standar kerapianku sudah jauuuuhh menurun loh ;)

    Caca udah sembuh total? Bleibt Gesund ya kalo kata orang jerman, yaitu semoga selalu sehat :-)

    ReplyDelete
  3. AnonymousJune 20, 2006

    anak mah pinter banget membawa ortunya ke garis batas kesabaran :D. Naila sering tantrum pas umur 1,5 sampe 2 tahun tuh..

    ReplyDelete
  4. gw bisa sabar juga karena aden kok feb, bener deh...ternyata ... anak tuh bikin kita belajar sikap dan emosi setiap hari.

    sama - sama ganbare ya ngedidik anak:))

    diriku makin sindoi aja nih..doain lancar yak

    ReplyDelete
  5. wah kudu blajar sabar ya? hem... kalo ada anak temen nangis kenceng ajah adh mo pingsan gw huekekeke....

    ReplyDelete
  6. AnonymousJune 20, 2006

    Kayaknya Caca rewel itu karena dia baru sembuh sakit jadi kondisinya tidak sangat-sangat prima. Berdasarkan pengalaman nih..kalo anak berat badannya sedikit berkurang dari berat waktu dia sehat pasti deh sedikit rewel....dan itu lumrah sekali..kita aja coba kalo baru sembuh sakit pasti bawaaan masih ngak fresh...Jadi Bip...benar deh caranya...jangan terikut emosinya dia,dan pelukan itu jitu untuk meredakan emosinya dan yang pasti setiap waktu kita tetap harus belajar kan bersama anak. Salam sayang buat caca yang cantik....

    ReplyDelete
  7. Memang Jadi orangtua kita harus belajar banyak sabar,anak nggak boleh dibentak biar dia nggak ketakutan atau jadi down.
    tapi kadang memang batas sabarku suka hilang , masih juga teriak kalau Michael dah nggak tahu maunya apa trus jerit jerit dan nangis mulu. Tapi ya itu aku paling pergi cuekin dia, sampai dia capek sendiri

    ReplyDelete
  8. kalau gw sih bip..emang gak mau bentak2 Nabila krn gw sendiri paling gak mau dibentak!! (konsisten dong ah..), dan kalau Nabila dah nangis2 kayak Caca gitu biasanya gw berusaha menjauh..sebisa mungkin jangan satu ruangan, dan agak2 cuek dikit..kalau dah reda nangisnya baru deh gw ajak ngomong.

    ReplyDelete
  9. klo' anak lg ngambek/ nangis jd tau klo' pas kecil dulu kita jg kaya' gitu, aku jg kadang kelepasan ngomelin rafi, ternyata omelan jg bkn jln yg baek tuk nyelesain masalah, aku baru nemu caranya yaitu pas dia ngamuk/ nangis, aku peluk dia, lngsng deh dia diem n' mau nurutin apa kata kita...

    emang seumuran Caca ma Rafi lg masa tantrum, sing sabar...

    btw makacih ya atas ucapan n' doanya.....

    ReplyDelete
  10. Begitulah lika liku mengadapi anak. Susah-susah gampang ya Bip. Butuh kesabaran besaaar.... Tapi dilain itu Anak juga sumber energi. Disaat kita capek, dia juga menjadi pencerah hati dan pelipur lara *tentunya pas lagi ga tantrum, he...he...*

    ReplyDelete
  11. lyla juga sering ta' peluk kalo lagi ga jelas maunya apa jadi sebelum ngamuknya makin jadi2 langsung pelukan...sambil merem jadi emsoi sama2 nurun :)

    ReplyDelete
  12. wah kok emsoi.. maksudnya emosi ... :)

    ReplyDelete
  13. waaaaa.... bener yak. Kita emang harus belajar banyak dari anak. Tapiiiy, tkadang ini hati pengen ngomel ajah! huaaaa... :(

    ReplyDelete