Thursday, March 08, 2007

Selamat jalan ya mbah buyut.....

Sebelumnya ikut berduka cita atas peristiwa naas yang sekali lagi menimpa bangsa kita, terbakarnya pswt Garuda Jakarta-Jogja. Semoga peristiwa demi peristiwa yg menelan bnyk korban di negara kita membuka hati dan pikiran kita untuk memperbaiki diri.

Minggu ini sejak hari Selasa, disaat tivi2 Japan menyiarkan sakura forecast yg dijadwalkan sakura bakal lebih cepat dari tahun2 sebelumnya karna secara global Jepang sudah mulai hangat suhunya....Nagaoka malah diguyur salju. Saljunya juga cantik lembut seperti kapas krn beberapa hari ini bukan salju yg bercampur air. Hanya dalam 2hari sekitar rumah langsung berubah putih dan suara traktor yg bersiin salju juga mulai terdengar pdhl sudah sejak musim dingin tiba traktor itu blm jalan alias salju ga pernah numpuk.

Pagi jam 7.15Nagaoka time (subuh, 5pagi Malang time) - Hp papa berdering2...langsung diangkat deh...terdengar suara mama/uti caca sedikit terisak..."Feb...mbah sudah nda ada...tolong diikhlaskan ya...". Innalillahi wainna`illaihi roji`un...begitu gw berucap, mas Handri langsung lumpat..."mbah sudah meninggal ya?"....Akhirnya Alloh memanggil mbah buyut caca(96thn) di hari ini. Mbah buyut yang tinggal satu2nya ibu dari papa gw.
Caca nanya,"Nani mama?" (ada apa mama?...."Mbah buyut Indonesia de sinda no"(mbah buyut di Ind meninggal..).
Caca,"doko? nande byouin he ikenai?" (dimana? napa ga ke-rumah sakit?) ... Caca blm ngeh bener arti meninggal...

Sudah beberapa bulan terakhir memang kondisi mbah buyut menurun, tepatnya Oktober 2006 salah satu jari kakinya terkena luka yg susah banget sembuhnya...mungkin karna sudah terlalu tua badannya. Saat itu dokter memvonis gula darahnya tinggi mskp hasil lab dinyatakan ga ada gula dan disarankan diamputasi. Berhubung mbah buyut ngrasa sudah tua beliau nda mau diamputasi katanya sih pengen meninggal dalam kondisi utuh badannya. Jadi akhirnya mbah buyut dirawat dirumah oleh perawat yang datang tiap hari untuk bersiin luka nya. Lama kelamaan yang tadinya masih bisa sholat sendiri dgn posisi duduk sejak 2bulan terakhir sudah ga kuat bangun sendiri. Semua aktivitasnya dilakukan di tempat tidur dan kadang2 papa gendong ditaruh dikursi roda untuk berjemur matahari biar seger. Tapi badan manusia yang sudah semakin tua semakin rapuh membuat mbah buyut sudah mulai susah untuk makan dan menelan, terakhir tadi malam mama nemenin semaleman (mungkin minggu2 ini kami sudah diminta untuk berdoa dan mengikhlaskan mbah buyut yg kondisinya makin menurun) karna mbah buyut batuk2 seperti nda bisa ngluarin dahak. Saat subuh seperti biasa sblm berangkat ke mesjid dekat rumah papa berbisik `Bu, berdoa ya...saya mau ke masjid dulu` sambil membetulkan posisi mbah buyut agar lurus dan tangannya disedekapin spt posisi sholat. Kemudian mama juga ninggalin bentar untuk sholat subuh. Dan pada saat assistent mama nganter teh untuk mbah buyut, dia bilang ke mama `Bu, mbah seperti ga ada napas`.... Yaa....mbah telah pergi telah dipanggil Alloh swt. semoga segala amalannya diterima Alloh swt., diampunkan semua dosa dan kesalahannya, dikurangkan siksa kuburnya, dan dipertemukan kembali dgn keluarga di surga...amin ya robbal `allamin.

Mbah itu orangnya baik banget, semua ponakan,cucu,dan cicitnya deket...terus suka diusilin karna mbah modern ga minta2 sok dihormatin. Temen2 gw malah suka manggil pinky hihi...karna pernah liat baju dalemannya warna pink hehe...slalu update ngikuti semua berita di tivi baik berita ttg pemerintahan atau politik. Suka bener baca koran dan srimulat ga pernah ketinggalan. Masakannya te-o -pe banget saat masih kuat dulu...waktu SD juga gw slalu disuapin krn males bener makan pagi. Roti bolu, Peyek Kacang, nasi Kuning, Sayur lodeh, urap ...semuanya enak, gw bertiga ma mbak Ita dan mas Nanang memang hari2 bersama mbah karna papa-mama tiap hari kan kerja.
Kenangan terakhir kita adalah bulan Agustus tahun lalu saat dipaksa pulang, dimana saat itu mbah buyut bilang pengen liat caca, gw dan mas handri karna takut bakal gag bisa ketemu lagi...hikz..udah firasat kali. Trus saat itu hobby mbah buyut kan pesen khusus accesoris emas hand-made seperti kalung-cincin-gelang nah waktu itu caca juga dikasih dgn pesen harus dipakai (karna memang gw males banget pake perhiasan jadi disimpen aza...trus kalo pulang ke Malang ajah dipake smua takut dicek satu2 pemberian mbah supaya ga ngcewain juga). Nah, pesennya juga "Ndri ...(ini panggilan gw andri dr mbah^o^), nak Handri nanti jangan lupa ya sering2 tengokin rumah mbah yg baru ya..."maksutnya makamnya nanti. Waktu itu gw ma mas Handri cengengesan ajah...napa sih ngomong kek gituan, mana mas Handri suka banget nyuruh gw usilin mbah..trus karna kita dah tahu mbah manja banget kl kita pulang...semua buah2 kesukaanya juga kita belikan kek anggur dan mangga ato salak. Urghh ga terasa gw nulis kenangan2 bersama mbah buyut...mskp meninggal memang karna usia sudah tua...rasa sedih dan tetesan airmata itu ada...gw ga bisa ketemu lagi saat pulang nanti....

Selamat jalan ya mbah buyut, kami selalu terkenang dengan semua kebaikkannya...

12 comments:

  1. Innalillahi wainnailaihi rojiun.
    Turut berduka ya Bip. Moga Almarhumah diberikan tempat terindah di sisi Allah. Amien...

    ReplyDelete
  2. Innalilahi wainnailaihi rojiun...Beb kaka turut berdukla yah...pasti deh kalian sedih abgnet karena ngak ikut menghantarkan kepergiannya..tapi yaitu yah..resiko kita di rantau...
    Sehat aja kan..?? Gimana kondisi bumil nya..??

    .

    ReplyDelete
  3. Innalillahi wainnailaihi rojiun
    ikut berbela sungkawa yg sedalam-dalamnya ya feb, semoga dengan doa kita semua bisa memudahkan perjalanan almarhumah menuju ke hadirat-Nya, amiin.

    yg sabar ya jeng, gomen ya kemaren pas telp. kk nangis bin rewel pas kebetulan ada temen jg yg maen ke rumah. terus piye, mulesnya, bikin jualan terus aja feb sampe capek biar cepet keluar. bosen emang, lha tapi mo gimana lagi, pokoknya jalan terus plg ampuh kok, otree

    ReplyDelete
  4. ikut berduka cita Bip, semoga eyangnya mendapat tempat yang terbaik di sisiNya, amin...

    ReplyDelete
  5. Innalillahi wa innailaihi roji'un. Smg Allah SWT melapangkan kuburnya, menghindarkan Mbah Buyut dari fitnah dan siksa kubur, mengampuni segala dosa dan kekilafan Mbah Buyut dan menerima segala amal ibadahnya. Amiin.

    -safarindiyah-

    ReplyDelete
  6. ikut berduka cita ya..mudah-mudahan segala amal bliau diterima disisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan...

    ReplyDelete
  7. Innalillahi wa Innailahi roji'un...

    "Tiap-tiap yang bernyawa akan merasai mati, dan bahawasanya pada hari kiamat sajalah akan disempurnakan balasan kamu." [QS. Ali Imran : 185]

    Semoga Rabb Semesta Alam berkenan memberikan tempat terbaik di sisiNya dan seluruh keluarga senantiasa diberikan ketabahan dan kesabaran untuk menghadapinya...Amin

    ReplyDelete
  8. ikut berduka cita ya Feb, moga dilapangkan kuburnya, dtrima smua amal baikknya dan kluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan..

    ReplyDelete
  9. yang tabah ya Feb, semoga mbah buyut diterima disisi Allah . dan keluarga yang ditinggal di beri ketabahan Amin.

    ReplyDelete
  10. bip... turut berduka cita ya, semoga arwah beliau di terima disisi Tuhan.

    Apakabar bip? sorry dah lama gue ga nengok² blog elo.... dan selamat atas kehamilannya, kapan due~nya bip?

    happy wiken ya.. salam buat keluarga:)

    ReplyDelete
  11. Innalilahi wainnailaihi rojiun, ikut berduka cita juga, semoga amal ibadah beliau diterima disisi Allah, Bip sekeluarga diberi ketabahan.
    Gimana, adiknya Caca dah lahir belum??

    ReplyDelete
  12. Innalillahi wainnailaihi rojiun...he eh Ikhlasin yah Bip..96 thn? hebat oii btw gimana? dah ada tanda2 belum?

    ReplyDelete